RANGKUMAN BTIK BAB 3 - DESTRIANTY CALISTA 7D (12)

 Nama : Destrianty Calista

Kelas / Absen : 7D / 12


RANGKUMAN BTIK - BAB 3






A. ALGORITMA

1. Algoritma merupakan prosedur langkah demi langkah untuk perhitungan. Digunakan untuk penghitungan, pemrosesan data, dan penalaran otomatis. Algoritma adalah metode efektif diekspreksikan sebagai rangkaian terbatas dari instruksi-instruksi yang telah didefinisikan dengan baik


2. Contoh Algoritma dalam Kehidupan Sehari-hari :

Membuat Telur Mata Sapi

Mencangkok Tanaman


3. Ilmuan Timur Tengah peradaban islam bernama Abu Ja'far Muhammad Ibnu Musa Al-Khwarizmi adalah seorang ahli dalam matematika, astronomis, astrologi,  dan geografi  yang berasal dari Persia. (780-850 M)

Abu Ja'far Muhammad Ibnu Musa Al-Khwarizmi


4. Algoritma adalah langkah-langkah dari suatu perintah untuk menyelesaikan suatu masalah.
  
    Contoh : 
    a. Membuka lembar kerja baru Excel 2016
    b. Menyalakan laptop

5. Ciri penting algoritma :
    a. memiliki sebuah input
    b. membutuhkan suatu proses tertentu.
    c. merupakan pola pikiran dan pola logis yang menghasilkan output
    d. memiliki instruksi yang tegas dan jelas
    e. memiliki stopping role

    Sifat penting algoritma :
    a. tidak menggunakan simbol ataupun suatu bahasa pemrograman tertentu, meskipun pada akhirnya 
        berguna memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan komputer atau pemrograman.
    b. tidak tergantung pada suatu bahasa pemrograman khusus sehingga sifatnya universal.'
    c. notasinya yang digunakan pada algoritma adalah universal sehingga bisa digunakan pada seluruh 
        bahasa pemrograman apapun, tanpa terkecuali.

B. FLOWCHART

1. Flowchart adalah sebuah bentuk gambar ataupun diagram yang memiliki aliran satu atau dua arah 
    yang berlaku secara urutan dan berkesinambungan. Fungsi utama dari flowchart adalah untuk 
    menggambarkan sebuah rencana program berdasarkan pola berpikir kita berdasarkan algoritma.

2. Simbol-Simbol Flowchart















3. Contoh Flowchart dalam Kehidupan Sehari-hari :
    a. flowchart kelulusan
    b. flowchart berobat ke dokter

4. Jenis-Jenis Flowchart
    a. flowchart sistemr 
    b. flowchart dokumen
    c. flowchart skematis
    d. flowchart program
    e. flowchart proses
flowchart program




5. Penggunaan Algoritma dan Flowchart dalam Program
    a. membuat algoritma dan flowchart luas segitiga
    b. membuat algoritma dan flowchart luas persegi panjang
 
C. Pemrograman Menggunakan Dev C++

1. Instalasi Dev C++

komputer yang sudah terinstal Dev C++



2. Area Kerja pada Dev C++
    a. Title Bar, merupakan baris judul yang akan menampilkan file project serta nama dokumen yang             sedang aktif
    b. Menu Bar, merupakan garis menu yang terdiri atas 10 menu utama, masing-masing memiliki                 submenu dan perintah lengkap dengan shortcut key.
    c. Toolbar, berfungsi untuk menyimpan, mengcopy, menambah menu tampilan program, mengatur
        tampilan program.

3. Dasar-Dasar Penggunaan Dev C++
    a. Membuat Lembar Kerja Baru
    b. Menyimpan Lembar Kerja
    c. Melakukan Compile Program
    d. Menjalankan Program dengan Run
    e. Menjalankan Program dengan Compile & Run

4. Membuat Program Sederhana
    a. Menentukan Luas Persegi Panjang
    b. Menentukan Luas Segitiga

terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

LIPUTAN KEGIATAN DIGITAL LABS - DESTRIANTY CALISTA 7D (12)

LIPUTAN KEGIATAN DIGITAL LABS 2021 - DESTRIANTY CALISTA 8C (12)

LIBURAN TAHUN BARU - DESTRIANTY CALISTA 7D (12)